Rabu, 11 April 2012

BAHASA INDONESIA


LATIHAN 1

Mata Kuliah      :  Bahasa Indonesia                               
Dosen               :  Hj. Isna Sulastri, Dra. M. Pd.
Nama               :  Galih Yuda Arianto 
NIM                 :  41032151111005
Tanggal            :  11 April 2012

BAGIAN A
 
Petunjuk
  1. Kerjakanlah soal di bawah ini dengan cara menghitamkan huruf B jika pernyataan yang terdapat dalam soal, Anda anggap benar dan hitamkan S jika salah. Contoh jika jawaban betul: ( B-S ).
  2. Jawaban ditulis langsung pada lembar soal ini. Untuk ini silakan dikopi paste terlebih dahulu.
  3. Pengetikan soal ini belum tertata rapi maka rapikanlah dalam blog Anda.
SOAL
  1. Tujuan utama perkuliahan Bahasa Indonesia adalah untuk menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa, baik lisan atau pun tulisan ( B-S ).
  2. Salah satu upaya menumbuhkembangkan keterampilan berbahasa mahasiswa adalah dengan menumbuhkan kesadaran berbahasa Indonesianya terlebih dahulu ( B-S ).
  3. Kesadaran berbahasa seseorang tidak dapat dilihat  dari tanggung jawab dan sikapnya terhadap  bahasa Indonesia ( B-S ).
  4. Mahasiswa Program Studi Matematika tidak perlu memiliki kesadaran berbahasa Indonesia sebab mereka tidak akan menjadi guru bahasa Indonesia (B-S).
  5. Membiasakan diri berbahasa sesuai kaidah bahasa Indonesia terutama di dalam forum-forum resmi, merupakan wujud tanggung jawab seseorang terhadap bahasanya ( B – S  ).
  6. Menurut Mansoer Pateda, tanggung jawab terhadap bahasa dan berbahasa dapat diwujudkan hanya dalam bentuk partisipasi formal ( B – S  ).
  7. Pengguna bahasa yang berpartisipasi secara formal, biasanya dengan kesadaran sendiri berusaha untuk menjadi peserta aktif dalam setiap kegiatan kebahasaan (B-S).
  8. Mahasiswa Program Studi Matematika idealnya berpartisipasi dalam kegiatan pembinaan bahasa,  minimal dalam bentuk partisipasi formal (B-S).
  9. Salah satu contoh partisipasi formal yang dapat dan patut dilakukan mahasiswa  Program Studi Matematika adalah berupaya untuk selalu berhati-hati dalam berbahasa sehingga bahasa yang  digunakannya senantiasa tertib dan terpelihara ( B – S ).
  10. Mampu menghafal kaidah bahasa Indonesia dengan baik tanpa berlatih mengimplementasikannya belum menjamin seseorang akan menjadi pengguna bahasa yang baik (B-S).
  11. Mahasiswa Program Studi Matematika yang sudah berusaha untuk berbahasa sesuai kaidah  bahasa Indonesia dalam forum-forum resmi, merupakan pertanda bahwa dia sudah memiliki kesadaran berbahasa (B-S).
  12. Kalimat efektif biasanya tidak komunikatif (B-S).
  13. Kalimat yang ambigu termasuk salah satu contoh kalimat efektif ( B-S )
  14. Kalimat ambigu adalah kalimat yang tidak memiliki struktur yang lengkap ( B-S ).
  15. Penggunaan bahasa Indonesia  yang baik dapat dilihat antara lain dari keefektifan kalimat serta ketepatan diksi dan ejaannya (B-S).

BAGIAN B

Petunjuk
Jawablah soal berikut dengan mempergunakan bahasa Indonesia yang baik dan bernalar
karena bahasa jawaban Anda termasuk bagian yang dinilai.

SOAL
Ada pernyataan yang berbunyi, “Maju mundurnya suatu bahasa sangat ditentukan oleh
kesadaran berbahasa pemakai bahasa itu sendiri”.

1.       Setujukan Anda dengan pandangan tersebut? Apa alasannya?  Tulislah argumentasi Anda terkait ini dalam satu paragraf.
Jawaban
Setuju, karena tidak semua orang sadar dalam berbahasa. Berbahasa yang baik tergantung pada diri kita sendiri. Jikalau kita tidak menggunakan bahasa yang benar orang bisa menilai kita dari sepatah dua patah yang kita ucapkan.
2.       Tulislah minimal lima ciri orang yang memiliki Kesadaran Berbahasa. Uraikan masing-masingnya dengan singkat.
Jawaban
-          Selalu berhati-hati dalam menggunakan bahasa karena dengan kita mengucakan suatu kata yang tidak baik orang tersebut bisa menilai kita bahwa kita buruk dalam berbicara dan sikap kita terhadap orang lain.
-          Kita harus memperhatikan orang yang berbahasa dengan keliru, dan kita harus memperingati orang tersebit agar tidak keliru dalam menggunakan bahasa.
-          Dalam berbahasa jika kita bisa menilai orang lain kita juga harus bisa menilai diri kita sendiri, mengintropeksi diri bahwa bahasa yang kita gunakan benar dan baik  di contoh.
-          Jikalau kita salah berbahasa kita bisa bertanya kepada ahli bahasa, jika kita tidak bisa menilai apakah itu benar atau salah.
-          Tertarik kepada orang menjelaskan hal yang berhubungan dengan bahasa. Seorang yang memiliki ciri Kesadaran Berbahasa akan selalu tertari dalam hal berbahasa, baik dalam mempelajari, menjelaskan maupun menggunakan bahasa tersebut
3.       Sudahkah Anda memiliki kelima ciri tersebut? Jelaskanlah dengan argumentasi yang bernalar.
Belum, saya sendiri merasakan bahwa saya belum terlalu benar dalam berbahasa. Saya belum memiliki kesadaran berbahasa. Saya sendiri orang yang tidak peduli terhadap berbahasa. Terkadang saya sering berkata yang jelek di kehidupan sehari-hari. Saya menyadari bahwa saya kuliah di rogram studi pendidikan matematika maka dari itu saya kurang mengerti dalam berbahasa yang benar.
4.       Upaya apakah yang sebaiknya dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Anda? Jelaskanlah.
-           lebih bisa berbahasa dengan baik dan benar
-           harus banyak membaca buku mengenai berbahasa
-           menanyakan kepada para ahli jika kita mengetahui yang benar dan salah
-           Sering melatih diri sendiri dan membiasakan untuk berbahasa yang benar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut

Total Tayangan Halaman